Selasa, 06 Desember 2011

Pencapaian yang Nyengsemake

Mungkin agak aneh ketika anda membaca judul postingan saya kali ini, tapi bagi anda yang faham  dengan bahasa Jawa atau pernah tinggal di Jawa tentunya sudah tahu maksud dan arti dari judul postingan saya di atas. Langsung saja kita kupas arti dari kata "Nyengsemake", dalam bahasa jawa nyengsemake bisa diartikan dengan membanggakan, jadi judul posting di atas kurang lebih kalau kita tulis penuh dalam bahasa Indonesia adalah Pencapaian yang Membanggakan.
Posting ini terinspirasi dari sebuah figur yang belum pernah saya jumpai namun hanya sebatas mengenal dari salah satu buah karya beliau yang saya temukan kurang lebih 1 bulan yang lalu ketika saya sempat jalan-jalan di sebuah toko buku di kota tempat kelahiranku, mungkin ada di antara anda yang sudah membaca atau bahkan memiliki buku berikut :


Ya dari sanalah inspirasi posting ini mengalir, Mas Blasius Haryadi atau yang di kenal dengan nama Harry van Yogya adalah yang punya ide dan gagasan nyentrik yang tertuang dalam buku tersebut. Meskipun dengan segala keterbatasan yang dia miliki hingga akhirnya profesi tukang becak yang di pandang secara umum di kalangan masyarakat kita hanyalah sebuah profesi rendahan menjadi punya nilai plus tatkala profesi ini berada di genggaman Mas Harry. Dalam buku ini tergambarkan bahwa beliau bukanlah tukang becak seperti pada umumnya yang memang biasanya kurang berpendidikan dan kurang berwawasan. Phonesel, komputer, laptop, internet hingga jejaring sosial dunia maya bukanlah barang asing lagi bagi Mas Harry, malah beliau memanfaatkan kemudahan di era digital ini sebagai sarana untuk mencari pelanggan bagi mata pencahariannya hingga akhirnya dia temukan nilai plus dari itu semua. Materi dari buku ini juga tidak hanya mengulas tentang kisah dari jaman susah hingga senang Mas Harry van Yogya semata namun dalam buku ini juga dapat ditemukan tentang panduan wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta karena di sanalah Mas Harry ini beroperasi setiap harinya.
Sosok dari seorang Harrry van Yogya tidak hanya kita jumpai dalam buku ini saja, sebelum akhirnya Mas Harry menuangkan idenya dalam buku ini beliau juga sering mengirimkan beberapa artikel ke media, bahkan profil beliaupun dapat dengan mudah kita jumpai di Youtube, bagi anda yang sekedar ingin tahu lebih dekat tentang sosok mas Harry dapat anda buka video berikut:


Secara umum dan garis besar dapat disimpulkan bahwa dengan kreatifitas dan ketekunan seseorang terhadap pekerjaan apapun yang dijalani akan mendatangkan nilai lebih bagi kehidupannya. Dan selama jiwa masih bersemayam di raga maka selama itulah waktu kita untuk dapat belajar karena belajar tidak hanya terhenti dengan terhentinya pendidikan formal saja, materi pengalaman hidup adalah guru terbaik yang dapat kita jadikan bekal dalam meniti roda kehidupan yang katanya terus berputar kadang di bawah dan kadang di atas.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...