Kamis, 05 Januari 2012

RSS Feed Pengertian dan Fungsi

Posting kali ini saya coba dokumentasikan mengenai RSS Feed tentang apa dan fungsinya. Sebagai blogger kita wajib tahu tentang layanan yang satu ini tentunya. Sebelum kita mulai langkah setting RSS Feed alangkah baiknya untuk kita ketahui sebenarnya RSS Feed itu apa dan apa fungsinya

"RSS adalah sebuah file berformat XML untuk sindikasi yang telah digunakan (diantaranya dan kebanyakan) situs web berita dan weblog. Singkatan ini biasanya mengarah ke beberapa protokol diantaranya Rich Site Summary (RSS 0.91) RDF Site Summary (RSS 0.9 and 1.0) Really Simple Syndication (RSS 2.0)

Teknologi yang dibangun dengan RSS mengijinkan kita untuk berlangganan kepada situs web yang menyediakan umpan (feed) RSS, biasanya situs web yang isinya selalu diganti secara reguler. Untuk memanfaatkan teknologi ini kita membutuhkan layanan pengumpul. Pengumpul bisa dibayangkan sebagai kotak surat pribadi. Kita kemudian dapat mendaftar ke situs yang ingin kita tahu perubahannya. Namun, berbeda dengan langganan koran atau majalah, untuk berlangganan RSS tidak diperlukan biaya, gratis. Tapi, kita biasanya hanya mendapatkan satu baris atau sebuah pengantar dari isi situs berikut alamat terkait untuk membaca isi lengkap artikelnya. "

Setelah membaca definisi RSS kita jadi tahu kan arti dan manfaat Rss feed bagi blogger, kalo dalam bahasa bebasnya menurut saya pribadi dengan pake Rss feed kita bisa dapet info update terus dari banyak web favorite tanpa harus bolak balik buka webnya belum lagi bosen kelamaan nunggu loading dan serunya lagi, semua Rss feed itu bisa dibaca dalam satu browser pula jadi lebih cepat dan praktismenari. Apalagi sekarang makin dipermudah dengan banyaknya fasilitas untuk baca Rss feed tujuan diantaranya Google Reader atau Rss Feed berlangganan yang dikirim via E-mail.

Tapi cuman kadang-kadang Rss feed dari suatu website nga disetting full satu berita, kadang cuman separo or cuman sepotong, sisa lengkapnya tetap musti liat webnya langsung *heheheh namanya juga usaha, kalo nga gitu traffic webnya nga naik-naik kaleeihikhik* tapi paling nga anda tetep nga ketinggalan berita terbaru dari web yang rss feed nya anda ikutin.... ter up to date, terhebat terdasyat * weks.. kok jadi mirip om Tukul yahh*gile. Kesimpulan dari sini selain untuk berlangganan sebuah blog atau website maka jika RSSfeed diimplementasikan ke web atau blog kita maka akan mempermudah seseorang untuk terus mengikuti informasi up to date dari web atau blog kita dan akhirnya secara tidak langsung dapat untuk mempertahankan ataupun malah dapat meningkatkan trafic ke web atau blog kita.
 
Untuk web penyedia layanan RSS Feed saya sendiri belum tahu begitu banyak, yang sudah saya coba dan praktekan untuk blog ini dengan memanfaatkan FeedBurner nya Google. Lakukan registrasi account di FeedBurner ikuti langkah-langkah nya kemudian copy paste URL RSSfeed dari feed burner anda lalu aplikasikan pada blog anda. Untuk lebih detilnya saya jelaskan pada posting selanjutnya.
 

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...